Thursday, January 8, 2015

Soket Lampu Honda CB150R Gosong

Pada hari Senin 29 Desember 2014 kemaren, ane bawa CB150 ke honda, niatnya cuman buat ngecek kondisi lampu, tapi karena ga enak cuman ngecek doang, yaudah deh sekalian servis aja. :D

Ane bilang deh ke mbak-mbaknya keluhan yang ada pada si CB150, salah satunya adalah lampu utama tidak mau menyala baik kondisi lampu low beam dan high beam tidak bisa menyala. Tidak menunggu waktu yang lama, si CB150 pun naik.

Ketika CB150 sudah naik ke tempat servis, ane datengin ke mekaniknya ngasih tahu ini lampu kenapa ga mau nyala. Pas di bongkar sama dia, ternyata soket lampu utamanya sudah gosong. Mungkin ini yang menyebabkan lampunya tidak mau menyala lagi. Ngenesnya, itu soket gak bisa diganti soketnya doang, kalo di honda mesti satu (1) set harness wire yang harganya hampir sama kayak kampas depan CBR 250 yang ori, 800 ribuan. 

Ini penampakannya,
Soket Gosong

Soket Gosong dari Atas

Gosong

Sebelum ada kejadian, biasanya ada tanda-tanda yang menjerumus ke kejadian tersebut. Sepengamatan ane, tanda-tandanya itu

  1. Awalnya lampu utama kondisi low beam mati, namun high beam menyala.
  2. Namun terkadang baik low beam dan high beam lampu dapat menyala.
  3. Lalu lampu low beam dan high beam tidak dapat menyala, namun lampu indikator high beam menyala.
  4. Pas dicek udah gosong.
Biar lebih jelas, ane kasih fotonya
Switch Lampu ada di Low Beam tapi Indikator High Beam Nyala

Lampu Mati
Kalo kayak gini, bisa di klaim ga si? Padahal motor tidak diapa-apain kelistrikannya. Coba nyari-nyari di google, ternyata ada juga kasus yang sama. Cek Juga

Ada yang mengalami hal serupa? Kali aja bisa di ganti gratis sama AHM kalau yang mengalami naseb seperti ini ada banyak. 

15 comments:

  1. ane juga sama gan, ada solusinya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ane bongkar batok lampunya terus ganti soket h4 nya sendiri. kalo ke beres mah langsung disuguhkan buat ganti wiring harness. ya kaliii

      Delete
  2. Ane ganti pakai soket mobil sudah dua tahun

    ReplyDelete
  3. Punya saya sekarag lg kondisi seperti itu gan..
    Abis berapa ganti soket h4 gan

    ReplyDelete
  4. Ane gapunya motor cb150r, tapi gl max ane make lampu persis kaya gtu, klo menurut ane dpasang saklar on/off aja, soalnya kemungkinan gosong karna lampu ready terus (nyala terus saat motor nyala) namanya arus listrik kn panas, pastinya soket plastik nya yg kalah, dan terjadi lah nempel nya massa dan arus (- dan +), sharing2 boleh lewat wa 089643764721, thanks

    ReplyDelete
  5. Sama ane jg gitu, sirg mlh engga pake soket plastik, tinggal yg soket besinya aja di langsungin trs di solasi...he..he.

    ReplyDelete
  6. BNg ada yg jual soket lampunya G , motor ane smlm soketnya meleleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari di bengkel mobil aja om, tanyain "soket lampu h4" minta yang bahan keramik, harga sekitar 10ribuan ko..
      Tinggal sambung aja kabelnya

      Delete
  7. Ane jugaa sama gan gimaana yaa solusinya dan harganya habis berapa kira kira?..

    ReplyDelete
  8. Apakah masalah ini , ada hubungannya dengan kelistrikan , tolong dong om sekalian , karna saya sudah 2 kali kaya gini, yg asli udah di putus , beli lagi di bengkel biasa , ech gosong lagi . ,

    ReplyDelete
  9. Pasti pakenya lampu gak ori yaaa... ngaku aja deh.. krn aku akan ngaku juga krn aku alami hal yg sama.. soket gosong cukup ganti yg pny mobil krn sama persis.. cuma jgn cari yg murahan (plastik).. cari yg keramik

    ReplyDelete
  10. Punyaku jugak , semalem gelap2an dr jakarta ke merak mana jam 1 malem lagi

    ReplyDelete
  11. Punya saya juga sama seperti itu gosong pagi nyala eeh pas sore mati di cek gosong
    Solusi nya gimna ya...?

    ReplyDelete
  12. Ane juga pernah gan.. udah ane ganti sendiri pakai soketnya vixion bisa.. dan lumayan awet samapai sekarang

    ReplyDelete